-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Natal 2012 Berlangsung Aman Di Pekanbaru

| Desember 30, 2012 WIB
PEKANBARU --

Suasana ibadah dan perayaan Natal di kota Pekanbaru yang
dimulai sejak Senin (24/12) malam berlangsung aman tanpa gangguan berarti.

Sejumlah98 gereja yang ada di Pekanbaru mendapat penjagaan aparat kepolisian yang
dikerahkan Polresta Pekanbaru.




Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Drs R Adang Ginanjar memastikan pengamanan yang maksimal dan proporsional sesuai besar kecilnya gereja. "Minimal ada 2 petugas berjaga selama proses kebaktian. Pengamanan secara keseluruhan tetap 24 jam," kata Adang kepada wartawan.
Adang Ginanjar mengungkapkan, selain keamanan selama proses perayaan natal di gereja-gereja, jajaran Polresta Pekanbaru juga dimaksimalkan untuk pengamanan lalu-lintas sekaligus kambtibmas selama natal dan tahun baru.
Dari pantauan PekanbaruMX di beberapa gereja yang ada di kota Pekanbaru, suasana ibadah Natal berlangsung khitmad dan aman. Suasana meriah terlihat di lingkungan Gereja HKBP Kota pekanbaru di depan Masjid Agung Annur, Selasa (25/12)
pagi. Puluhan kendaraan roda empat dan roda dua milik jemaat berdatangan sejak
pagi . Beberapa petugas kepolisian dari jajaran Polresta Pekanbaru , TNI, Satpol PP dan internal gereja berjaga-jaga di seputar lingkungan gereja yang pernah mendapat ancaman bom natal tahun 2000 ini.
Sementara situasi di gereja HKBP Rest Sukajadi Distrik XXII di Jalan KH Ahmad Dahlan, Pekanbaru juga terlihat meriah. Luberan jemaat yang tak tertampung di dalam gereja tetap khitmad mengikuti ibadah Natal dari halaman gereja. Puluhan pedagang dadakan yang menjajakan makanan dan mainan anak-anak tak mengurangi kekhidmatan peribadatan.
Suasana serupa juga bisa disaksikan di gereja Santo Maria a Fatimah yang berada di kawasan Jalan Ahmad Yani 48. Ratusan jemaat mengikuti peribadatan sampai ke halaman gereja. Bahkan untuk memberikan layanan maksimal, pihak gereja sengaja memasang 4 televisi layar lebar di beberapa titik agar dapat menyaksikan khutbah yang disampaikan Pastor Sarno. Pastor Sarno sendiri dalam khutbahnya menyampaikan pesan Natal dan mengharapkan suasana damai Natal tetap terpelihara.
Sejak Senin (24/12) malam, suasana ibadah Misa Malam Natal di beberapa gereja sebagian besar berlangsung aman dan lancar. Dalam pantauan PekanbaruMX, gereja gereja seperti Gereja HKBP Maranatha Payung Sekaki, GPIB Immanuel, Gereja Kristen Kalam Kudus dan Gereja HKBP Sumber Sari Pekanbaru melaksanakan peribadatan tanpa gangguan apapun.
Di luara kota, seperti gereja HKBP Pasir Putih yang terletak di kilometer 5 jalan Pasir Putih, Siak Hulu suasana ibadat dan perayaan Natal juga berlangsung khitmad dan aman. Kendati berlokasi di areal yang jauh dari pemukiman penduduk dan jalan tanpa aspal tapi jemaat gereja terlihat sangat antusias berdatangan sejak pukul 07.00 WIB. Di sini hanya ditempatkan seorang petugas kepolisian dari Polsek Siak Hulu. (EKA)