-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pasar Jongkok Diminati Mahasiswa dan Wisdom

| April 23, 2013 WIB

PEKANBARU -- Pasar Jongkok di Jalan HR Soebrantas KM 10,5 Panam, Pekanbaru ternyata sangat diminati oleh kalangan mahasiswa. Alasanya, selain praktis dan murah, waktunya yang buka pada malam hari juga memungkinkan mahasiswa memiliki waktu untuk datang.

Iva Mairisti, mahasiswi salah perguruan tinggi di Pekanbaru yang juga seorang blogger, bercerita tentang daya tarik Pasar Jongkok yang dihuni sekitar 500 pedagang kaki lima tersebut. Dalam blog pribadi yang baru-baru ini di-update, Iva mennceritakan bagaimana suasana nyaman terasa di pasar yang mulai beroperasi dari sekitar pukul 18.00 WIB – 24.00 WIB tersebut..

Diakui oleh Iva Mairisti, keberadaan Pasar jongkok sangat membantu masyarakat kelas bawah. Makanya tak heran hampir setiap malam suasana pasar Jongkok lumayan ramai.

"Pasar Jongkok cukup ramai peminatnya, terutama oleh mahasiswa seperti saya," ungkap Iva.

Hal tersebut dikarenakan harga barang-barang yang dijual sangat pas untuk kantong mahasiswa. Kualitas barang pun menurut Iva cukup memuaskan, tergantung pengunjung pandai memilih atau tidak. Berbagai kebutuhan harian sampai pakaian bisa ditemukan di sini. Mulai dari tas, baju, celana, kaos kaki, dompet, parfum, sepatu dan masih banyak lainnya lagi.

Untuk kebutuhan kuliner, di Pasar Jongkok pengunjung juga bisa menemukan berbagai jenis jajanan seperti bakso, nasi goreng, jus, martabak dan lain sebagainya.

Meski keberadaannya tidak diakui Pemko Pekanbaru, bahkan Wali Kota Firdaus MT sudah memutuskan hendak menggusur para pedagang yang ada di Pasar Jongkok, pedagang tetap bertahan. Pemko memberikan alternatif pada pedagang untuk pindah ke Pujasera di jalan Arifin Achmad atau bergabung dengan PKL lain yang sudah lebih dahulu menempati areal parkir Giant, Panam.

Iva Maristi menyayangkan bila Pasar Jongkok hendak digusur keberadaannya. Menurutnya Pasar Jongkok menjadi salah daya tarik Kota Pekanbaru bagi wisatawan domestik (wisdom). Iva menyebut bahwa nama Pasar Jongkok sudah terkenal sampai ke luar Riau.

Di akhir postingannya, Iva mengajak anak-anak muda yang berkunjung ke Riau, khususnya ke Kota Pekanbaru untuk datang ke Pasar Jongkok.

"Untuk sobat yang datang ke Pekanbaru, Riau. Kalau mau belanja murah, datang saja ke Pasar Jongkok. Dijamin dapat barang yang unik dan murah-murah. Apalagi sekarang sudah nyaman dengan disediakannya lahan parkir ,sekali parkir seribu perak,” tuturnya. *3